Minggu, 04 November 2012

TUGAS PANCASILA


NAMA : ILMA SYAHIDA AROFI
NPM : 23211509
KELAS : 2EB25


Soal

1. Bagaimana pendapat anda mengenai Pancasila sebagai dasar negara,
pandangan hidup, dan idiologi dari Bangsa Indonesia ? Masih relevankah Pancasila digunakan saat ini ?
2. Bagaimana pendapat anda mengenai Pancasila sebagai ideologi terbuka?

Jawab

1. Menurut saya, Pancasila adalah dasar falsafah negara indonesia yang terdiri dari lima sila yang berperan memberikan suatu tata cara kehidupan yang baik dan menjadi pedoman atau pandangan hidup bagi setiap warga negara dalam bertindak.
Pancasila sangatlah relevan bagi bangsa indonesia, hal ini dikarenakan bangsa indonesia yang menganut sistem demokrasi dan masih sebagai negara berkembang yang segala sesuatunya masih labil, termasuk urusan sistem pemerintahan oleh karena itu Pancasila adalah dasar atau acuan bagi warga negara Indonesia untuk melakukan demokrasi. Memang banyak hal-hal yang terjadi di Indonesia yang menyimpang dari Pancasila, namun itu bukan berarti Pancasila sudah tidak relevan lagi bagi bangsa Indonesia, hal yang harus dilakukan adalah melakukan sosialisasi tentang apa itu pancasila kepada semua lapisan masyarakat, termasuk pemerintah yang menjalankan sistem kenegaraan Indonesia.

2. Menurut saya, Pancasila sebagai ideologi terbuka sangatlah cocok untuk bangsa Indonesia. Ini dikarenakan Pancasila sesuai dengan makna dari ideologi terbuka. Dimana nilai-nilai dan cita-cita digali dari kekayaan adat istiadat, budaya dan religius masyarakat, menerima reformasi dan penguasa bertanggung jawab kepada masyarakat atas apa yang telah masyarakat percayai kepada penguasa. Pancasila sebagai ideologi terbuka memiliki peranan penting dalam suatu sistem pemerintahan terutama sistem pemerintahan negara Indonesia yang demokrasi, jadi setiap aspirasi masyarakat kepada pemerintah sifatnya harus terbuka, luwes dan fleksibel serta tidak tertutup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar