Nama Anggota Kelompok :
1. Angga Dwi Prasetyo
2. Ilma Syahida Arofi
3. Sri Ambar Rahayu
Kelas : 4EB25
Sejarah
Perusahaan
Amway
Amway adalah suatu perusahaan yang bergerak dalam
bidang pemasaran berjenjang atau network marketing. Produk yang
dipasarkan antara lain produk kecantikan, kesehatan, kebugaran, peralatan rumah
tangga, dan pertanian. Amway telah berkembang di 84 negara. Hak distribusi produk-produk Amway di
Indonesia dipegang oleh PT Amindoway Jaya yang mulai
beroperasi pada bulan Juli 1992.
Amway didirikan pada tahun 1959 oleh Rich DeVos dan Jay Van Andel di Ada, Michigan, Amerika
Serikat. Rich DeVos dan
Jay Van Andel sudah bekerjasama merintis usaha sejak mereka masih remaja.
Kendati berbagai usaha yang mereka lakukan sebelumnya telah meraih sukses,
namun pengalaman yang paling berarti bagi mereka adalah saat memasarkan makanan
tambahan Nutrilite dengan model pemasaran dari orang ke orang. Rich dan Jay mendirikan
Amway pada tahun 1959 dengan memadukan pendekatan penjualan
langsung dengan produk pertama berupa pembersih cair organik serbaguna dan
menawarkan peluang untuk menjadi distributor mandiri kepada rekan-rekan di
lingkungan tempat tinggal mereka.
Jay Van Andel dan Rich Devos ,
berteman sejak masa sekolah, mereka telah menjadi mitra bisnis di berbagai
usaha. Pada tahun 1949 mereka diperkenalkan oleh Neil Maaskant ( sepupu kedua
Van Andel ) untuk Produk Nutrilite Corporation. Nutrilite adalah sebuah
perusahaan penjualan langsung yang berbasis di California yang didirikan oleh
Dr Carl Rehnborg, pengembang multivitamin pertama kali dipasarkan di Amerika
Serikat. Pada bulan Agustus 1949, setelah pembicaraan malam panjang, DeVos dan
Van Andel mendaftar untuk menjadi distributor untuk suplemen makanan Nutrilite
. Mereka menjual suplemen pertama mereka pada hari berikutnya sebesar $ 19,50
tetapi kehilangan minat untuk dua berikutnya minggu. Tak lama kemudian, atas
desakan Maaskant, yang telah menjadi sponsor mereka, mereka melakukan
perjalanan ke Chicago untuk menghadiri seminar Nutrilite. Pertemuan itu di
sebuah hotel di pusat kota, dengan lebih dari seratus orang yang hadir. Setelah
melihat filmstrips promosi dan mendengarkan pembicaraan oleh perwakilan perusahaan
dan distributor sukses, mereka memutuskan untuk mengejar peluang bisnis
Nutrilite dengan antusias. Mereka menjual suplemen kedua mereka pada perjalanan
mereka kembali ke Michigan, dan dengan cepat melanjutkan untuk mengembangkan
bisnis baru mereka lebih lanjut.
Pada tahun 1949, DeVos dan Van Andel
telah membentuk Ja - Ri Corporation ( disingkat dari masing-masing nama pertama
mereka ) untuk mengimpor barang dari kayu dari negara-negara Amerika Selatan.
Setelah perjalanan mereka ke seminar Nutrilite, mereka melanjutkan bisnis ini
dan Ja - Ri menjadi distributor Nutrilite mereka. Selain keuntungan pada setiap
produk yang dijual, Nutrilite juga menawarkan komisi atas penjualan produk oleh
distributor baru yang diperkenalkan kepada perusahaan dengan distributor yang
ada sistem yang sekarang dikenal sebagai multi level marketing atau pemasaran
jaringan. Pada tahun 1958, DeVos dan Van Andel telah membangun sebuah organisasi
lebih dari 5.000 distributor. Namun, setelah kekhawatiran tentang stabilitas
Nutrilite, di April 1959 mereka dan beberapa distributor utama mereka membentuk
The American Way Association untuk mewakili distributor dan mencari produk
tambahan ke pasar.
Produk
pertama mereka disebut Frisk, pembersih organik terkonsentrasi yang dikembangkan
oleh seorang ilmuwan di Ohio. DeVos dan Van Andel membeli hak untuk memproduksi
dan mendistribusikan Frisk, dan kemudian berganti nama menjadi LOC ( Liquid
Organic Cleaner ). Mereka kemudian membentuk Amway Sales Corporation untuk
pengadaan dan persediaan dan produk untuk menangani penjualan dan rencana
pemasaran, dan Amway Services Corporation untuk menangani asuransi dan
tunjangan lainnya bagi distributor ( Amway menjadi singkatan dari "
American Way " ). pada tahun 1960 mereka membeli 50% saham di Atco Manufacturing
Company di Detroit ,produsen asli dari LOC, dan mengubah namanya ke Amway Manufacturing
Corporation. Pada tahun 1964 Amway Sales Corporation, Amway Services
Corporation, dan Amway Manufacturing Corporation bergabung untuk membentuk satu
kesatuan, Amway Perusahaan membeli kendali Nutrilite pada tahun 1972 dan kepemilikan
penuh pada tahun 1994.
Merek penjualan terbesar Amway
adalah Nutrilite suplemen kesehatan (dipasarkan sebagai Nutriway di beberapa
negara), dan pada tahun 2008 penjualan Nutrilite melebihi US $ 3 billion
global. Pada tahun 2001, lima produk Nutrilite adalah suplemen diet pertama
yang disertifikasi oleh NSF Internasional. Pada tahun 2006, 2007, 2008, dan
2009 dalam nutrisi dan makanan kesehatan kategori Nutrilite memenangkan Platinum
dan Emas penghargaan di Malaysia, Cina, Taiwan,
Thailand, dan Asia secara keseluruhan dalam Readers Digest. Pada tahun 2008
ilmuwan Nutrilite, dalam kemitraan dengan Alticor anak Interleukin Genetika
memenangkan 12 John M. Kinney Award untuk nutrisi dan Metabolisme untuk
penelitian mereka ke dalam interaksi antara gizi dan genetika.
Pada Indonesia Amway berdiri tanggal 17 juli 1992
melalui PT.Amindoway Jaya dan Amway Indonesia. Amway adalah perusahaan pemegang
lisensi penjualan langsung dan distribusi produk amway di Indonesia. Amway
Indonesia adalah perusahaan yang memberikan jasa konsultasi di bidang
pemasaran, pengembangan usaha, serta dukungan distributor aktif di indonesia.
Amway Indonesia memasarkan sekitar 250 produk Amway yang terdiri dari produk-produk
: kesehatan dan kebugaran, kosmetik dan perawatan kulit, perawatan diri,
perawatan rumah tangga, peralatan rumah tangga dan pertanian. Amway Indonesia
juga menggalang kerjasama dengan produsen lokal untuk memasarkan produk-produk
mereka yang meliputi: fashion, kesehatan, kecantikan, permainan edukasi anak,
alat tulis, oli mesin, makanan dan minuman, serta jasa asuransi majalah dan
koran. Untuk mendukung pelayanan terhadap distributor, Amway Indonesia memiliki
26 Amway Distributor Center (ADC) dan saat ini jumlah Independent Business Owner (IBO) aktif di Indonesia adalah 330.000
orang
A. Visi Amway
Visi Amway sangat
sederhana “Helping People Live Better
Lives”, kami bekerja setiap hari untuk mewujudkan kehidupan yang lebih
baik. Kami mencapai visi kami dengan membantu orang-orang dimanapun mereka
berada untuk menemukan potensi mereka dan mencapai tujuan mereka dengan
menawarkan produk yang lebih baik dan kesempatan di masa depan, dan berbagi
dengan komunitas global. Kami bangga dengan komitmen kami dalam business
excellence, kepedulian kami terhadap masyarakat dan komunitasnya, dan perhatian
kami terhadap lingkungan.
B. Misi
Amway
Melalui Rancangan Penjualan dan
Pemasaran Amway, Amway menawarkan peluang untuk memiliki bisnis milik sendiri
dan berbagai produk-produk Amway berkualitas.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar